Ebook Novel Peter oleh Risa Saraswati

Sinopsis: 
Bagi Risa, sosok Peter adalah anak yang paling menyebalkan di antara kelima ‘sahabatnya’; suka memerintah dan marah jika keinginannya tidak dipenuhi. Namun, entah kenapa baik manusia ataupun hantu bertekuk lutut di hadapannya.Sudah bertahun-tahun Risa berteman dengan kelima sahabatnya, namun ia sama sekali tidak tahu persis kehidupan sahabat-sahabatnya itu saat mereka masih bernapas. Tak terkecuali Peter.

Peter Van Gils adalah salah seorang anak belanda yg lahir di Hindia Belanda. Pada waktu itu, umurnya masih enam tahun. Usia yang sudah cukup untuk mulai menuntut ilmu. Hasrat ini tentu ada dalam diri Peter. Karena itu, Peter meminta orangtuanya untuk sekolah. Awalnya sang ayah, Albertus Van Gils, tidak ingin anak satu-satunya bergaul dengan pribumi berhubung sekolah terdekat adalah sekolah pribumi. Namun, lama-kelamaan hati sang ayah luluh.
Di sekolah, ternyata situasi tidak berjalan seperti yang dipikirkan Peter. Semua anak justru memusuhi dan mengejek anak malang itu. Ini membuat Peter tak ingin pergi ke sekolah lagi.

“Kalian tahu, saya tidak pernah membeda-bedakan manusia! Tidak ada londo! Tidak ada inlander! Semua sama saja! Anak saya manusia seperti kamu, kamu, kamu semua!” Beatrice kini menunjuki satu demi satu anak bertampang pribumi.

Akhirnya, sang ibu yang bernama Beatrice Van Gils bersedia untuk menjadi guru Peter untuk sementara waktu. Sampai akhirnya datanglah Nafiah. Beliau tumbuh besar di pesantren dan merupakan anak seorang kiai. Kecerdasannya membawanya menuntut ilmu ke Leiden selama dua tahun. Karena inilah Albertus Van Gils meminta Nafiah untuk mendidik Peter. Berbeda dengan guru-gurunya sebelumnya, Peter pun menyukai cara mengajar Nafiah.

“…Bicara kasar kepada manusia tak ada bedanya dengan menginjak binatang kesukaanmu, bahkan lebih buruk.”
Suatu hari, Peter tak sengaja mendengar pengasuhnya yang bernama Siti dan Nafiah sedang membicarakan Nippon. Saat itu, Jepang sudah memasuki wilayah Indonesia. Terdengar kabar bahwa Jepang siap membunuh. 

Peter
Penulis: Risa Saraswati
Penerbit: Bukune
ISBN13: 9786022201885
Format: .pdf
Filesize: 11MB


Next

Loading...


EmoticonEmoticon