Ebook Rectoverso: 11 Cerita Pendek Dee oleh Dee Lestari

Sinopsis:
Dewi Lestari, yang bernama pena Dee, kali ini hadir dengan mahakarya unik dan pertama di Indonesia. Rectoverso merupakan hibrida dari fiksi dan musik, terdiri dari sebelas cerita pendek dan sebelas lagu yang bisa dinikmati secara terpisah maupun bersama-sama. Keduanya saling melengkapi bagaikan dua imaji yang seolah berdiri sendiri, tetapi sesungguhnya merupakan satu kesatuan.

Inilah cermin dari dua dunia Dewi Lestari yang ia ekspresikan dalam napas kreativitas tunggal bertajuk Rectoverso. Dengar fiksinya. Baca musiknya. Lengkapi penghayatan Anda dan temukanlah sebuah pengalaman baru.

"Buat saya, membaca RectoVerso bagaikan masuk restorant mewah. Mahal, dengan daftar menu yang terasa asing dan susah bacanya. Worthed sih. Penataan dan penyajian yang indah, bukan cuma rasanya lezat, warnanya pun serasi. Cuma...begitu selesai, saya kok masih laper yaaa hehehehe. Maklum perut kampung, gak biasa dengan porsi yang sedikit.

Saya pikir Dee sendiri sudah cukup berupaya baik menuntaskan eksperimennya. Jika konsep RectoVerso adalah dua sisi yang saling melengkapi, Dee bikin 3 sisi sekaligus! Lagu, Cerpen dan Ilustrasi buku di dalamnya. Dee berhak mengubah judulnya tuh: RectoVersoRecto hehehe.

Hanya saja, saya tidak merasakan nuansa melengkapi ketika saya berpindah dari syair lagu ke cerpen terkait. Terasa sama. Atau malah jangan-jangan seperti inilah maksud RectoVerso-nya Dee.

Kalo boleh saya membandingkan, Tetralogi-nya Pramoedya, lebih bersifat RectoVerso. 3 buku pertamanya (Bumi Manusia, Jejak Langkah, Anak Semua Bangsa) pada sisi Recto, dan buku terakhirnya (Rumah Kaca) sebagai Verso-nya. Bisa dinikmati terpisah, tapi jika kita baca ke dua sisinya: Dapet banget nuansanya !! hehehe.

Dari isinya, saya cuma menangkap satu ide utama: cinta tidak harus memiliki (biasanya dibungkus dalam skema cinta segitiga). Dan ide ini jadi sangat jelas dengan cerita terakhirnya: Heaven’s Light. Saya merasa, untuk eksperimen besar ini, Dee sesungguhnya bisa lebih memperkaya isinya. Atau jangan-jangan, ini karena Dee ingin menjaga idealisme RectoVersonya. Cerita harus berjumlah 11. Simetri. RectoVerso. (Kaya kitab suci aja Dee, tidak ada yang kebetulan, semuanya penanda bagi makna yang tersembunyi hehehe)"

Penulis: Dee Lestari
Penerbit: Bentang Pustaka 
ISBN13: 9786027888036
Format: .pdf
Filesize: 12MB

Next

Loading...


EmoticonEmoticon